Senin, 06 Desember 2010

Let's study with BISMILAH

Program Studi
Timur Tengah dan Islam
Universitas Indonesia 

Mengadakan Program Continuing Education

BISMILAH   (Belajar Islam dengan Metode Interaktif, Lengkap dan Mudah)

Periode Kajian
1 November s/d 16 Desember 2010

Gedung IAST Lt. 4 PSTTI UI, Salemba Jakarta

Islam adalah agama komprehensif. Di dalamnya memuat nilai-nilai moral, spiritual, dan perilaku bagi kehidupan manusia yang aplikatif. Namun, tidak semua orang memahaminya. Agama masih dipandang sebagai ajaran yang belum terintegrasi antara aspek nilai dengan perilaku. 
Oleh karena itu,
untuk meningkatkan kualitas pemahaman, penghayatan dan pengamalkan nilai-nilai Islam, diperlukan program khusus dan singkat untuk mengkaji Islam secara komprehensif, meliputi aspek akidah, syariah (fikih), akhlak, maupun psikologi dasar manusia.
Program ini diselenggarakan secara rutin yang membahas tema-tema utama yang berhubungan dengan kebutuhan beragama di perkotaan yang berorientasi pada pembentukan kepribadian shaleh, baik secara individual maupun sosial.

METODE

1.        Ceramah
2.        Modul terstruktur
3.        Interaktif

FASILITAS

1.        Makalah @ pertemuan
2.        Tempat nyaman
3.        Sertifikat

LEVEL PROGRAM

1.        Dasar
2.        Madya
3.        Lanjut

JENIS PROGRAM

1.    Capita Selecta 
Capita Selecta adalah kajian yang menggabungkan materi psikologi dasar manusia dengan materi trilogi agama, yaitu; akidah, syariah dan akhlak. Program ini bertujuan untuk menggali potensi dan kemampuan manusia dalam rangka membangun Pengenalan diri (Self Recognition)  serta kesadaran spiritualitas dan keagamaan (Spiritual and Religious Consciousness).

Durasi                   : @ 90 Menit
Pertemuan             : 12 x
Jadwal                   : Senin dan Rabu
Jam                      : 10.00 s/d 11.30
Biaya                    : Rp. 300.000,-

2.    Psikologi Islam
Melalui kajian psikologi islam, peserta dapat mengenal lebih jauh tentang esensi “diri” manusia yang meliputi dimensi nafs (soul), ruh (spirit), hati (heart), dan akal (reason). Sebuah dispilin ilmu yang paling fundamental bagi pengetahuan dan keyakinan keagamaan yang dapat mengantarkan peserta pada pengetahuan tentang ajaran monoteisme (tauhid) melalui media pengenalan diri (Self Recognition). Dalam sebuah hadis qudsi disebutkan, bahwa “Barangsiapa yang mengenal jiwanya (nafsahu), maka pasti ia mengenal Tuhannya”. Artinya, disiplin ilmu psikologi merupakan sarana paling efektif untuk membangun kesadaran dan pengenalan akan potensi dan dimensi ketuhanan dalam diri manusia, maupun sebagai media untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Tema-tema yang akan dikaji antara lain: karakter dan kepribadian manusia, optimalisasi potensi diri, aktualisasi diri, kesehatan mental, konseling dan psikoterapi Islam.

Durasi                   : @ 90 Menit
Pertemuan             : 12 x
Jadwal                   : Senin dan Rabu
Jam                      : 10.00 s/d 11.30
Biaya                    : Rp. 300.000,-

3.        Akidah
Melalui kajian ini peserta dapat mengenal lebih jauh tentang esensi pilar agama paling utama menyangkut aspek keyakinan dan kepercayaan dalam Islam. Sebuah bidang kajian yang memfokuskan pada upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang ketuhanan dan kosmik.  Tema-tema yang akan dikaji antara lain: pengenalan esensi teologi Islam, keyakinan metafisis, sinkretisme dan paham dalam Islam, serta teologi transformatif.

Durasi                   : @ 90 Menit
Pertemuan             : 12 x
Jadwal                   : Senin dan Rabu
Jam                      : 10.00 s/d 11.30
Biaya                    : Rp. 300.000,-

4.        Syariah
Melalui kajian ini peserta dapat mengenal lebih jauh tentang dimensi jurisprudensi dan syariat Islam. Sebuah bidang kajian yang memfokuskan aspek hukum dan praktiknya. Tema-tema yang akan dikaji antara lain: hakikat ritual Islam, fikih munakahat, fikih perempuan, pidana dan perdata Islam, dan sistem muamalat.

Durasi                   : @ 90 Menit
Pertemuan             : 12 x
Jadwal                   : Senin dan Rabu
Jam                      : 10.00 s/d 11.30
Biaya                    : Rp. 300.000,-

5.        Akhlak
Melalui kajian ini peserta dapat mengenal lebih jauh tentang esensi moralitas, hubungan antara manusia dengan Tuhan dan manusia dengan sesamanya. Sebuah bidang kajian komprehensif yang memfokuskan pada pembentukan karakter dan kepribadian Islam.  Tema-tema yang akan dikaji antara lain: pengenalan akhlak Islam, perkembangan akhlak, teknik meningkatkan kualitas akhlak, adab pergaulan, etika komunikasi, kesadaran ekologis, teknik mendekatkan diri kepada Allah, meneladani Tuhan, identifikasi penyakit hati.  

Durasi                 : @ 90 Menit
Pertemuan           : 12 x
Jadwal                 : Selasa & Kamis
Jam                    : 10.00 s/d 11.30
Biaya                  : Rp. 300.000,-

Informasi dan Pendaftaran
Gedung IAST Lt. 4 PSTTI UI, Salemba Jakarta, Telepon (021) 3924713, Hp 021-93586649 (Fery),
08119400813 (Hidayat)

Ketua
Program Studi Timur Tengah dan Islam (PSTTI) Universitas Indonesia



Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar